Alasan Produk Import Lebih Banyak Diminati

Alasan memilih PRO Importir
Tips Memilih Produk Import Berkualitas
September 8, 2017
Tas paling laris di Indonesia
Jenis Produk Import Paling Laris Di Indonesia
September 9, 2017

Kehadiran produk impor beraneka jenis, tak bisa dipungkiri juga perlahan mulai menemukan pasar dan peminat di dalam negeri. Berbagai ragam barang, semakin hari kian mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Yang demikian sudah pasti jadi satu fenomena tersendiri yang menarik.

Berdasar dari data yang disarikan dari Kementerian Perdagangan RI jumlah serapan barang impor antara tahun 2012-2017 digolongkan sebagai berikut:<.p> 1. Barang Konsumsi Setengah Tahan Lama dengan nilai impor hingga 2.229.830.565 USD, tercatat hingga akhir tahun 2016 yang lalu.
2. Barang Konsumsi Tidak Tahan Lama, 2.154.329.930 USD pada tahun yang sama, dan,
3. Barang Yang tidak Diklasifikasikan 854.477.462 USD, di tahun 2016 juga.

Tingginya angka impor barang Indonesia ini tentu menunjukan betapa animo masyarakat serta ketergantungan akan impor aneka produk kebutuhan kian hari kian meningkat. Tentu saja ini belum termasuk angka untuk barang lainnya seperti jenis barang konsumsi, barang modal serta bahan baku penolong untuk kebutuhan industri dalam negeri. Tak pelak, tentu saja ada alasan dibalik kenapa barang-barang impor sangat diminati masyarakat Indonesia.

Barang Impor, dan Kebutuhan dalam Negeri Sebuah Mata Rantai Yang Tak Terpisahkan

Hukum ekonomi adalah hokum permintaan dan penawaran, dimana semakin tinggi kebutuhan tentu permintaan akan jenis barang tersebut juga akan semakin meningkat. Terlebih, mengingat dari berbagai isu yang berkembang, bahwa produk impor dengan jenis tertentu, seperti misalnya elektronik yang memang belum mampu disuplai secara menyeleruh dari segi kuantitas oleh industri dalam negeri juga adalah salah satu factor tinggi ketergantungan terhadap produk dari luar negeri. Berikut ini adalah rangkuman yang diintisarikan dari pelbagai sumber tentang mengapa produk impor lebih banyak diminati masyarakat kita.

• Stok Yang Stabil

Sebuah produk adalah bagian dari mata rantai distribusi dan konsumsi. Produksi sendiri sebagai hulu dari munculnya produk tersebut menjadi alasan utama mengapa orang, terlebih mereka yang berpikir sebagai pengusaha untuk lebih memilih barang impor. Anggapan bahwa industri di luar negeri yang jauh lebih maju menyokong sebuah mata rantai produksi adalah satu alasan terbesar kestabilan stok. Alasan ini pula yang jadi sumber mengapa barang impor lebih banyak diminati.

• Harga Bersaing, Terutama Untuk Produk Teknologi

Meski kini, banyak produk teknologi yang telah mampu diproduksi anak bangsa. Tetapi, permintaan akan produk impor untuk jenis barang teknologi, mulai dari elektronik hingga yang diperlukan sebagai dukungan untuk mata rantai industri di dalam negeri masih tetap tinggi. Alasannya tentu saja harga, produk yang didatangkan secara impor sering lebih murah.

• Memunculkan Peluang

Trend beberapa jenis produk dari luar berkembang lebih pesat, asumsikan saja yang berasal dari negara Cina. Produk dari negara tirai bambu ini bahkan tak hanya menyerang pasar Indonesia melainkan dalam skala dunia. Sebab produk dari cina, dianggap punya kestabilan stok, harga serta up to date. Bagi pengusaha ini tentu adalah sebuah peluang untuk kembali bisa dijual dan mendapatkan keuntungan ketimbang memproduksinya sendiri di dalam negeri, yang pasti butuh sebuah kerangka riset dan pengembangan yang memakan waktu.

Sementara ini memang harus diakui bahwa barang impor, berbagai jenis cukup diperhitungkan dalam pasar dalam negeri. Bijak dalam menyikapi fenomena yang demikian akan mengarahkan produk anak bangsa untuk berkuasa di pasar dalam negeri. Tentu saja semua kembali pada tekad dan kemauan berbagai pihak.