Jangan Tergiur Produk Import Murah

Tas paling laris di Indonesia
Jenis Produk Import Paling Laris Di Indonesia
September 9, 2017
Perhitungan Bea Cukai Barang Import
October 22, 2017

Gencarnya masuknya produk impor, terutama yang berasal dari cina menjadi salah satu fenomena yang patut diperhatikan dengan baik. Pertama dari segi konsumen tentu saja kita harus jeli saat akan membeli dan menggunakan agar tidak terkecoh dengan harga murah tetapi mengabaikan kualitas. Sementara itu, disatu sisi kita tetap harus juga memperhatikan factor keekonomisan saat hendak membeli sebuah barang.

Apapun itu, mencari barang impor dengan harga murah dan kualitas terbaik adalah sah-sah saja. Tapi tentu saja yang demikian bukan sesuatu yang mudah, perlu kejelian, ketelitian serta kehati-hatian agar tidak sampai tergiur.

Selain barang impor adalah produk eksklusif yang terbatas juga perlu dikenali mendalam dari segi pihak importir sebagai tangan pertama masuknya barang tersebut ke Indonesia. Berikut ini adalah 5 aspek mendasar yang harus diketahui saat hendak membeli barang impor yang diinginkan.

1. Kredibilitas Importir

Produk impor bisa masuk ke Indonesia tentu karena adanya campur tangan pihak importir, penyedia jasa pengiriman barang. Karenanya kredibilitas pihak importir menjadi satu syarat mutlak. Pertimbangkan memilih importir mana tempat kita akan membeli produk yang diinginkan, agar jangan sampai menuai kekecewaan.

2. Jenis Barang

Tidak semua jenis barang bisa diimpor. Ada beberapa jenis barang impor yang memang tidak bisa masuk ke Indonesia karena berbagai pertimbangan, baik secara sosial maupun politis. Ada baiknya untuk mengenali kemungkinan masuknya jenis barang yang hendak kita beli secara impor, jangan sampai merugikan diri kita sendiri.

3. Legalitas

Untuk mendatangkan sebuah produk impor, tentu akan melalui tata cara kepabeanan. Ada berbagai cara yang menjadikan kita sebagai pengguna tidak bisa mendatangkan barang tersebut, meski kemungkinan dari pihak importir menyanggupi. Hal ini berkait dengan jaminan pengiriman barang, aspek legalitas barang yang hendak diangkut ke negara tujuan, seperti Indonesia.

4. Kuantitas

Setiap jenis barang impor punya kuantitas yang berbeda-beda. Ada barang yang memang bisa diimpor secara retail (ecer) tetapi ada juga produk dengan standar jumlah tertentu untuk bisa masuk ke Indonesia. Karenanya, jangan terburu-buru, pelajari dulu sebelum memutuskan.

5. Teknik Pengiriman

Teknis pengiriman bisa juga disebut dengan istilah shipping. Kita perlu mengetahui jenis teknik shipping yang spesifik agar barang yang kita datangkan tetap bisa masuk ke Indonesia dengan sempurna. Tentu saja ini akan berpengaruh dari segi harga total untuk sebuah produk atau barang yang kita impor tersebut.

Mekanisme ekpor impor adalah sebuah mata rantai yang besar dan melibatkan banyak pihak. Karena itu, bila sebuah barang yang disampaikan didatangkan dengan cara impor tetapi punya harga yang terlalu murah tentu harus diketahui ulang berbagai aspek diseputaran cara mendatangkan barang tersebut hingga bisa masuk ke Indonesia. Dengan jeli memperhatikan yang demikian maka kita akan terlindungi dari berbagai macam hal yang merugikan diri kita sendiri. Bijak sebagai konsumen produk impor adalah satu keharusan. Karena dengan demikian, maka manfaat serta prestise saat menggunakan produk tersebut tidak akan terkurangi. Malahan akan menjadi nilai tambah bagi diri kita pribadi.